Sunday, May 29, 2016

Cara Cepat Meningkatkan Penghasilan Adsense

Cara Cepat Meningkatkan Penghasilan Adsense 

Dalam dunia internet marketing, biasanya pelakunya juga mencari penghasilan yang tinggi melalui google adsense. Dan ada berbagai cara yang berguna untuk meningkat hasilnya. Bisa saja tips yang saya bagikan ini sudah pernah diulas di blog lain, tetapi saya berharap strategi adsense yang tertera di sini, ada yang belum pernah anda terapkan, sehingga tutorial ini menjadi berguna. Cara yang mudah dan selama ini saya anggap yang terbaik, merupakan pengalaman saya sebagai publisher selama empat tahun terakhir. 

Di dalam berperan sebagai publisher google adsense, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang internet marketing. Ketentuan ini sangat menunjang agar penghasilan yang diperoleh meningkat dengan tajam dalam waktu singkat. Adapun persyaratan tersebut diantaranya:

Harus terdaftar sebagai publisher google adsense dengan blog yang telah disetujui. 
Sangat disarankan untuk meningkatkan status sebagai publisher non hosted. Karena jenis ini bisa meletakkan script iklan pada situs dengan domain berbayar. 
Memiliki blog yang berkualitas. 
Rajin melakukan update artikel dengan cara rutin pada periode tertentu, tergantung pada niche blog yang dipasang script adsense. Anda harus paham pada beberapa niche membutuhkan update posting lebih dari satu artikel dalam satu hari. Tetapi ada pula yang bisa dilakukan update sebulan sekali. Di poin strategi akan saya bahas secara detail. 
Hindari artikel copas (scrapped content) dan tulis ulang/menyadur (thin content). Cara ini sering dilakukan oleh pemula dan menyebabkan penghasilannya tidak pernah meningkat. Dalam ketentuan google adsense, teknis ini dilarang dan dapat mengakibatkan akun anda dibanned. 
Strategi dan Tips 

Jika pebisnis online pemula maupun internet marketing yang berkecimpung dalam kegiatan publisher iklan google ini telah memenuhi syarat di atas, maka dapat menjalankan strategi berikut ini. Cara terbaik agar penghasilan anda meningkat diantaranya:
Memasang iklan adsense yang disarankan (rekomended). Google memberi beberapa alternatif pilihan ukuran iklan yang selama ini terbukti memiliki tingkat klik yang tinggi. Jika anda perhatikan tidak semua jenis dan ukuran iklan yang disediakan mampu memberikan peningkatan penghasilan. 
Lakukan riset CPC dan RPM dengan menggunakan publisher tool bar yang dapat digunakan pada google chrome. Cara ini sangat penting, selain berguna untuk melihat prediksi nilai per klik dari iklan adsense, anda juga dapat melihat data estimasi penghasilan perbulan jika iklan google tersebut di klik oleh pengunjung. Anda harus berhati-hati di dalam melakukan riset, pastikan melakukan pengecekan jika iklan anda telah berwarna semu kehijauan. Pengalaman saya melakukan sortir dan blokir iklan, iklan adsense yang berukuran besar (jenis ukuran resposnsive pada sidebar), ternyata memberikan nilai RPM yang kecil. Makanya saya menghindari pemasangan ukuran responsive di sidebar. Jenis ini memiliki CPC dan RPM terbaik jika diletakkan dalam postingan. Dengan RPM yang tinggi, dipastikan nilai per klik akan memberikan penghasilan yang besar dan meningkat dalam waktu singkat. Tapi teknik sortir dan blokir iklan ini harus dilakukan hati-hati karena adanya jeratan smart pricing yang dapat dikenakan pada akun anda. 
Cara meningkatkan penghasilan lainnya adalah dengan memasang channel khusus. Google adsense memberikan kewenangan pada kita untuk memasang lelang kepada advertiser. Jika channel (saluran khusus) yang dibuat, menarik perhatian dari si pemasang iklan, maka nilai CPC dan RPM cukup besar. Hal ini diyakini akan memberikan peningkatan hasil yang tajam dibandingkan dengan saluran reguler. 
Peletakkan iklan adsense yang terbaik. Saya melihat, google cukup fair dengan memberi saran untuk meletakkan script pada sidebar kanan atas dan di wilayah sekitar menu navigasi. Dan tambahan tips peletakkan kode dari saya adalah bagian bawah postingan yang dekat dengan tombol share. Cara ini memang ampuh untuk meningkatkan jumlah klik. Dengan demikian, maka penghasilan kita akan menjadi tinggi. Mengapa lokasi tersebut dinilai terbaik? Karena secara alam bawah sadar, pengunjung selalu mencari menu navigasi di bagian atas blog. Dan berdasarkan pengalaman saya pribadi, saat datang untuk membaca postingan pertama kali, iklan tidak menarik perhatian saya. Biasanya saya hanya akan melirik iklan sebelum melakukan share atau mencari postingan lain melalui menu navigasi. Cobalah anda pikir, pernahkah melakukan klik iklan di blog milik orang lain saat awal berkunjung? Pasti tidak pernah, bukan? Nalarnya, klik iklan dilakukan setelah membaca satu atau beberapa postingan. Itupun kalau dirasa iklan adsense tersebut menarik tampilannya. 
Cara ampuh meningkatkan hasil adsense dengan memilih warna tema iklan. Anjuran google mungkin sedikit membingungkan. Di satu sisi, google menyarankan warna tema sesuai dengan latar belakang template yang kita pakai. Di sisi lain ada juga anjuran untuk menggunakan warna yang kontras. Awalnya, saya juga bingung. Tetapi setelah melakukan beberapa percobaan, saya berhasil menerjemahkan maksud himbauan google. Menurut saya, yang perlu menggunakan warna senada dengan latar adalah iklan sidebar. Sedangkan yang kontras dipasang pada postingan. Cara-cara ini saya berlakukan di semua blog saya dan hasilnya memberikan peningkatan klik yang tinggi. Coba anda bayangkan, pernahkah anda klik gambar pada postingan? Jika warna iklan dibuat senada, bisa saja pengunjung mengira itu adalah gambar yang terkait isi artikel. Makanya sangat perlu dibuat kontras agar pengunjung paham bahwa itu iklan. Kalau di sidebar memang perlu dipasang script adsense yang memiliki warna senada dengan latar. Karena sidebar merupakan bagian yang terpisah, dan biasanya memiliki batas yang jelas. Cara ini terbukti ampuh memberikan peningkatan penghasilan yang tinggi untuk saya. 
Penggunaan format iklan 300×250 dan 336×280 pada bagian di bawah judul posting terbukti ampuh meningkatkan hasil klik pada iklan adsense dan memberikan penghasilan yang tinggi. Jika banyak blogger yang memberikan tutorial untuk memasang format responsive terkait penggunaan smart phone saat pengunjung mengakses blog kita, kalau saya malah berpendapat lain. Saya lebih suka memasang iklan format 336×280. Hal ini disebabkan, pada layar smart phone, iklan tersebut menjadi sangat penuh. Jadi saat jari tangan melakukan scrolling (layar sentuh), maka kemungkinan iklan adsense di klik menjadi lebih besar. Beda dengan format responsive yang melintang horisontal yang memiliki bidang yang sempit sehingga kecil kemungkinannya tersentuh oleh jari saat scrolling. 
Tingkatkan penghasilan dollar anda dengan cara meningkatkan jumlah pengunjung. Hal ini sebenarnya bukan bermaksud semata-mata untuk memperbesar kemungkinan klik. Ada faktor lain yang perlu anda perhatikan yaitu pola perhitungan RPM, CPC dan CTR. Saya perhatikan semakin tinggi jumlah visitor maka nilai RPM sebagai pengali hasil CPC juga ikut tinggi. 
Tingkatkan jumlah klik dari pengunjung yang berasal dari pencarian organik. Dalam hal ini, iklan adsense yang muncul biasanya relevan dengan pencarian sesuai dengan kata kunci yang digunakan. Strategi ini berarti anda harus memulai untuk belajar oprimasi (SEO). Jika kata kunci tersebut terkait dengan saluran khusus dan niche blog maka penghasilan anda akan berlipat saat pengunjung melakukan klik terhadap iklan adsense yang dipasang. 
Jika situs anda memiliki niche portal berita, gosip, berita bola, trending topic serta situs property (jual dan sewa property), maka kecepatan update postingan adalah kunci kesuksesan. Blog jenis ini tidak perlu cara optimasi seo, tetapi lebih mengutamakan jumlah update yang banyak DALAM SEHARI. Situs ini mengutamakan brand image nama domain daripada posisi SERP pada kata kunci umum. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut, saya telah mengulas tentang kualitas blog jenis seperti ini. Faktor kadaluarsa pada artikel akan mempengaruhi posisi pencarian situs di penelusuran. Cobalah cek situs berita, apakah mereka sempat membuat backlink? 
Strategi adsense terakhir adalah cara pemilihan niche blog yang memiliki harga klik yang tinggi. Memang, iklan yang diletakkan pada blog berbahasa Inggris dengan target visitors internasional memiliki harga per klik yang menggiurkan. Tapi persaingan pencarian organik pada blog seperti ini sangat tinggi. Jika anda berkemampuan berbahasa lokal saja (Indonesia), sebenarnya juga bisa memiliki penghasilan adsense yang besar asalkan tepat memilih niche. Caranya, anda harus mampu melakukan riset melalui google keyword planner. Coba lihat, niche wisata dan hosting, nilai per klik-nya cukup besar, bukan? 

Demikianlah informasi strategi google adsense yang harus dilakukan oleh pelaku internet marketing, yang mengandalkan penghasilan sebagai publisher. Pendapatan dollar anda akan meningkat tajam dalam waktu cepat jika telah melakukan seluruh cara yang saya sarankan di atas. 

Sumber refferensi by: http://www.kotausaha.com/cara-meningkatkan-penghasilan-adsense.html


0 komentar:

Post a Comment